HOME

Minggu, Oktober 07, 2012

JEJAK SEJARAH DESA MODANG

JEJAK SEJARAH SINGKAT DESA MODANG.

Nama modang diambil dari nama sungai yang mengalir di daerah tersebut yaitu sungai Modang. Sejarah menyebutkan, bahwa dimana pemberian nama sungai Modang dikarenakan waktu itu ada suatu kejadian (peristiwa) dimana orang itu dikubur di sekitar sungai tersebut, menurut warga setempat orang yang dikubur di sekitar sungai tersebut berasal dari suku dayak modang disebabkan oleh perkelahian antar kelompok yang terjadi saat itu sebelum jaman kerajaan di tanah Paser. Kemudian disekitar aliran sungai tersebut, sejak saat jaman kerajaan di jadikan sebagai salah satu pusat perdagangan dan pemerintahan ketika itu sampai saat ini.
WILAYAH-WILAYAH DESA MODANG.
Desa Modang terletak di kecamatan Kuaro, kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, yang diapit oleh :
1. Di sebelah utara berbatasan dengan desa Samuntai dan desa Sandeley.
2. Di sebelah selatan berbatasan dengan desa Kendarom, desa Rangan, dan desa Kertabumi.
3. Di sebelah barat berbatasan dengan desa Sei Terik.
4. Di sebelah timur berbatasan dengan desa Pasir Mayang dan desa Janju.
LETAK GEOGRAFIS.
1. Ketinggian tanah dari permukaan laut : 0-650 m dpl.
2. Curah hujan : 2.600/4.500 mm/th.
3. Topografi : perbukitan.
4. Suhu udara : 23o-30oC.
5. Jarak pusat pemerintahan : 12 Km.
6. Jarak kabupaten : 40 Km
7. Jarak propinsi : 248 Km.
TEMPAT WISATA DI DESA MODANG.
Desa Modang yang berada di ketinggian 0-650 m dari permukaan laut memiliki tempat wisata yang sangat menarik untuk di jelajahi dan penuh keunikan yang tidak kita dapati ditempat lain.
Air terjun Doyam Seriam terletak di desa Modang ini terkenal dengan keindahannya. Obyek wisata yang terletak sejauh 20 Km dari ibukota kecamatan Kuaro. Lokasi air terjun Doyam Seriam berada di ketinggian dikawasan gunung Bule yang berbatasan langsung dengan pedalaman desa Rantau buta kecematan Batu Sopang. Selain panorama air terjun, disepanjang jalan yang dilalui kita bisa menikmati kecantikan bungan anggrek yang tumbuh liar. Tidak dapat di pungkiri lagi bagaikan mutiara dari khatulistiwa yang menjelma menjadi keindahan sungai Doyam Seriam dan masih banyak lagi tempat-tempat yang tidak mungkin saya jelaskan disini.
Itulah desa Modang, desa yang penuh dengan keindahan alam yang tiada tandingannya dengan keindahan yang lain. Teman-teman, saya mengajak untuk melihat di desa Modang, dan kita bias menikmati alam yang masih belum tersentuh oleh tangan-tangan yang merusak.

SALAM LESTARI

Tidak ada komentar: